Sudrajat, Ajat and Sidi, Purnomo (2014) PEMBELAJARAN MODEL STS BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, SIKAP, DAN HASIL BELAJAR IPS. Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS, 1 (2). pp. 179-189. ISSN 2460-7916
|
Text
AJAT - PEMBELAJARAN MODEL STS BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN - 2014.pdf Download (682kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas belajar, (2) sikap siswa terhadap pembelajaran, dan (3) hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII-A SMP N 3 Leksono tahun pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa, rata-rata aktivitas belajar siswa 69,44 pada siklus I menjadi 80,11 menjadi pada siklus II, dan 88,03 pada siklus III. (2) Ada peningkatan sikap siswa terhadap pembelajaran, rata-rata 81,24 pada siklus I menjadi 82,63 pada siklus II, dan 84,83 pada siklus III. (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada pada siklus I 61,29% menjadi 67,74% pada siklus II, dan 83,33% pada siklus III. Kata Kunci : model STS, media pembelajaran, aktivitas belajar, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 02:55 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 02:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67983 |
Actions (login required)
View Item |