KARAKTER SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN DI RUMAH PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS

Sudrajat, Ajat and Restianingsih, Paring (2018) KARAKTER SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN DI RUMAH PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS. Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS, 5 (2). pp. 178-191. ISSN 2460-7916

[img]
Preview
Text
AJAT - KARAKTER SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DAN DI RUMAH - 2018.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan karakter siswa, perbedaan karakter siswa yang tinggal di pesantren dan di rumah, serta karakter siswa yang tinggal di pesantren dan di rumah pada proses pembelajaran IPS. Penelitian eksplanatif komparatif ini menggunakan metode campuran dengan strategi concurrent triangulation strategy. Populasi penelitian ini adalah 121 siswa kelas VIII SMP Diponegoro Depok, Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik beda rata-rata Independent T-test dan teknik analisis data kualitatif bersifat induktif dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) siswa SMP Diponegoro, baik yang tinggal di pesantren maupun di rumah, secara keseluruhan karakter disiplinnya dalam kategori rendah sedangkan karakter jujur dan mandirinya dalam kategori sedang; (2) tidak terdapat perbedaan karakter siswa yang tinggal di pesantren dan di rumah. Ada perbedaan nilai rata-rata pada setiap nilai karakter di antara kedua kelompok siswa. Nilai karakter disiplin siswa yang tinggal di pesantren sebesar 27,13 sedangkan nilai karakter siswa yang tinggal di rumah sebesar 26,31; nilai karakter jujur siswa yang tinggal di pesantren sebesar 13,70 sedangkan siswa yang tinggal di rumah sebesar 13,68; dan nilai karakter mandiri siswa yang tinggal di pesantren sebesar 17,74 sedangkan siswa yang tinggal di rumah sebesar 17,33. (3) tidak terdapat perbedaan karakter siswa yang tinggal di pesantren dan di rumah pada proses pembelajaran IPS. Kata kunci: karakter, disiplin, jujur, mandiri, pembelajaran IPS.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 23 Mar 2020 02:12
Last Modified: 23 Mar 2020 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67981

Actions (login required)

View Item View Item