THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION AT MTs NUR IMAN MLANGI, PONDOK PESANTREN AL-HUDA, SLEMAN REGENCY, YOGYAKARTA

Sudrajat, Ajat and Berliani, Yusti Marlia (2018) THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION AT MTs NUR IMAN MLANGI, PONDOK PESANTREN AL-HUDA, SLEMAN REGENCY, YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Karakter, VIII (2). pp. 161-171.

[img]
Preview
Text
AJAT - THE IMPLEMENTATION CHARACTER EDUCATION - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER an YUSTI.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah berbasis pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil setting di MTs Nur Iman Mlangi yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Al-Huda di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Yang menjadi subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah guru bimbingan konseling, guru IPS, dan siswa di MTs Mlangi. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang diimplementasikan di MTs Mlangi yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Pengintegrasian pendidikan karakter di MTs Mlangi dilakukan melalui pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran, pengintegrasian pendidikan karakter melalui program pengembangan diri, dan pengintegrasian pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Di antara faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di MTs Mlangi yaitu guru profesional dan sarana prasarana yang memadai, sedang faktor penghambatnya yaitu lingkungan sekolah yang kurang mendukung. Kata Kunci: implementasi, pendidikan karakter, Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Article
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 22 Mar 2020 00:15
Last Modified: 22 Mar 2020 00:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67947

Actions (login required)

View Item View Item