PENGARUH KOMBINASI EFFLEURAGE, SHAKING, DENGAN TERAPI PANAS TERHADAP GANGGUAN KETEGANGAN OTOT QUADRICEP DAN GASTROCNEMIUS PEMAIN BASKET UNY

Hartono, Eko Budi (2020) PENGARUH KOMBINASI EFFLEURAGE, SHAKING, DENGAN TERAPI PANAS TERHADAP GANGGUAN KETEGANGAN OTOT QUADRICEP DAN GASTROCNEMIUS PEMAIN BASKET UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsiku jadi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Olahraga bola basket merupakan olahraga yang mempunyai intensitas tinggi dan banyak menggunakan gerakan kaki (footwork) seperti lari, sprint, dribble, jumpshoot, jumpstop, dan step back. Ketegangan otot sering terjadi pada pemain basket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh effleurage, shaking, dan terapi panas terhadap ketegangan otot quadricep dan gastrocnemius pada pemain basket UNY. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain basket Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan sampel sebanyak 12 orang. Data yang dikumpulkan adalah data derajat nyeri otot yang diakibatkan oleh ketegangan quadricep dan gastrocnemius sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kombinasi effleurage, shaking, dengan terapi panas terhadap ketegangan otot quadricep dan gastrocnemius dengan nilai signifikansi p = 0.002 (p<0.05). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi effleurage, shaking, dengan terapi panas dapat menurunkan nyeri otot yang diakibatkan oleh ketegangan otot quadricep dan gastrocnemius pada pemain basket UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Bambang Priyonoadi, M.Kes. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: effleurage, shaking, terapi panas, ketegangan nyeri otot quadricep dan otot gastrocnemius
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Mar 2020 06:49
Last Modified: 19 Mar 2020 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67925

Actions (login required)

View Item View Item