IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2019/2020

Ramadhanny, Devi Tyara (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL + DAFTAR ISI revisi 2 (3).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga (PJOK) dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Purworejo yang berjumlah 244 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terdiri dari 102 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket peserta didik, lembar observasi implementasi pembelajaran, lembar analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Instrumen berupa angket peserta didik yang digunakan telah divalidasi oleh peneliti sebelumnya dengan hasil nilai validitas 0,858 (koefisien Corelation Product Moment) dan nilai relibilitas 0,944 (Alpha Cronbach) yang diolah dengan menggunakan SPSS 24. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh Implementasi Pembelajaran PJOK dengan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 5 Purworejo dalam angket peserta didik dengan kategori “sangat baik” sebesar 68.62 % (70 peserta didik), kategori “baik” sebesar 31.38 % (32 peserta didik), kategori “kurang baik” 0% (0 peserta didik) dan kategori “tidak baik” 0% (0 peserta didik). Dari hasil analisis RPP dengan kategori “sangat baik” sebesar 0%, kategori “baik” sebesar 100%, kategori “kurang baik” 0% dan kategori “tidak baik” 0%. Dari hasil implementasi pembelajaran kategori “sangat baik” sebesar 100%, kategori “baik” sebesar 0%, kategori “kurang baik” 0% dan kategori “tidak baik” 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Ahmad Rithaudin, M.Or. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga, pendekatan saintifik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:02
Last Modified: 19 Mar 2020 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67922

Actions (login required)

View Item View Item