Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui Metode Pembiasaan di TK Al Wafa Bantul dan TK Al Fatihah Umbulharjo.

Kurniawati, Arvinda and Wuryandani, Wuri (2019) Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui Metode Pembiasaan di TK Al Wafa Bantul dan TK Al Fatihah Umbulharjo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menemukan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial melalui metode pembiasaan di TK Al Wafa Bantul dan TK Al Fatihah Umbulharjo dan (2) menemukan faktor pendukung serta penghambat dalam menumbuhkan nilai karakter peduli sosial melalui metode pembiasaan di kedua TK tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, pendidik, orangtua, dan anak didik (usia 5-6 tahun). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran melalui kegiatan terprogram, kegiatan rutin, kegiatan keteladanan. Kegiatan terprogram meliputi kegiatan berkunjung ke panti, mengadakan santunan pada anak yatim, dan infaq membantu korban bencana alam. Kegiatan rutin meliputi kegiatan keagamaan dan kegiatan belajar yang dilakukan di sekolah. Kegiatan keteladanan meliputi memberikan contoh perilaku dan berbicara yang baik pada anak didik. (2) Faktor pendukungnya yaitu adanya teknologi dan media pembelajaran yang memadai guna menunjang kegiatan belajar anak didik, sedangkan faktor penghambatnya dari pihak orangtua yang tidak sejalan dengan pihak sekolah dan kebiasaan yang dilakukan anak ketika di sekolah maupun di rumah berbeda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pencapaian anak terkait sikap kepedulian sosialnya terhadap teman maupun pendidik sudah nampak karena anak mampu memperlakukan orang lain dengan sopan, menghargai teman, mau terlibat kegiatan sosial, dan mampu bekerja sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembiasaan, nilai karakter peduli sosial, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:13
Last Modified: 19 Mar 2020 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67909

Actions (login required)

View Item View Item