Program Kemitraan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Kabupaten Purworejo.

Al Hafidz, Miftah and Sofyan, Herminarto (2019) Program Kemitraan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Kabupaten Purworejo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk program kemitraan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan DU/DI di Kabupaten Purworejo; (2) mekanisme program kemitraan antara SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan DU/DI di Kabupaten Purworejo; (3) hambatan yang terjadi pada pelaksanaan program kemitraan antara SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan DU/DI di Kabupaten Purworejo dan cara mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan bentuk program kemitraan, mekanisme program kemitraan, dan hambatan serta solusi pelaksanaan program kemitraan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan DU/DI di Kabupaten Purworejo. Penelitian dilakukan di tiga belas SMK yang memiliki Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data berupa non tes menggunakan lembar angket bentuk kemitraan berbentuk checklist, angket tahapan kemitraan, dan wawancara dengan teknik semi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Data hasil angket dan wawancara dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk program kemitraan yang dilakukan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan DU/DI di Kabupaten Purworejo diwujudkan dalam berbagai bentuk kemitraan yaitu prekerin, bantuan tenaga ahli, kunjungan industri, ujian kompetensi, dan rekrutmen; (2) program kemitraan dilaksanakan dalam 10 aspek, 7 aspek atau 70% mekanisme program pada aspek analisis kebutuhan, analisis lingkungan, perencanaan, presentasi, MoU, pelaporan, serta aspek monitoring dan evaluasi terlaksana dalam kategori baik. Sedangkan 3 aspek atau 30% yaitu aspek persetujuan, aspek perundingan, aspek pelaksanaan berada pada kategori sangat baik. Hasil yang dicapai yaitu siswa memperoleh keterampilan, pengetahuan baru, serta karakter yang sesuai dengan dunia kerja. Sekolah mendapatkan peluang untuk memasarkan siswa di DU/DI; (3) hambatan yang terjadi yaitu masalah sarana prasarana dan biaya ketika hendak bermitra, tempat DU/DI yang jauh dan kurangnya kedisiplinan siswa. Dengan demikian perlu komunikasi yang baik dengan DU/DI dan membuat time schedule khusus. Komite sekolah mengalokasikan dana dan koordinasi internal terkait sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: program kemitraan, teknik kendaraan ringan, DU/DI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2020 01:57
Last Modified: 31 May 2021 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67908

Actions (login required)

View Item View Item