Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Lulusan SMP di Kabupaten Bantul Untuk Memilih ke SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.

Zaman, Fazrin Sidiq Muzaffarul and Arifin, Zainal (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Lulusan SMP di Kabupaten Bantul Untuk Memilih ke SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan minat siswa dalam memilih melanjutkan studi ke SMK paket keahlian teknik kendaraan ringan di Kabupaten Bantul dilihat dari: (1) individu siswa; (2) dorongan orang tua siswa; (3) lingkungan; (4) informasi media massa; (5) karakter individu siswa, dorongan orang tua siswa, lingkungan siswa dan informasi media massa, secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK paket keahlian kendaraan ringan di Kabupaten Bantul. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan dua tahapan, yaitu cluster sampling dan random sampling menggunakan rumus Krejcie dan Morgan dengan taraf kesalahan 5%, sampel sebanyak 221 siswa di ambil dari enam SMK di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data ditentukan dengan menggunakan angket. Pengujian validasi instrument dilakukan dengan expert judgement dan ujicoba instrumen. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan karakter individual siswa terhadap minat siswa dalam memilih melanjutkan studi ke SMK paket keahlian teknik kendaraan ringan di Kabupaten Bantul sebesar 41,6%; (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dorongan orang tua siswa terhadap minat siswa dalam memilih melanjutkan studi ke SMK paket keahlian teknik kendaraan ringan di Kabupaten Bantul sebesar 48,8%; (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan lingkungan siswa terhadap minat siswa dalam memilih melanjutkan studi ke SMK paket keahlian teknik kendaraan ringan di Kabupaten Bantul sebesar 46,6%; (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan informasi media massa terhadap minat siswa dalam memilih melanjutkan studi ke SMK paket keahlian teknik kendaraan ringan di Kabupaten Bantul sebesar 40,2%; (5) Terdapat pengaruh secara bersama-sama yang signifikan faktor karakter individual siswa, dorongan orang tua siswa, lingkungan siswa dan informasi media massa terhadap minat siswa dalam memilih melanjutkan studi ke SMK paket keahlian teknik kendaraan ringan di Kabupaten Bantul sebesar 63,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat, karakter individual, dorongan orang tua, lingkungan, informasi media massa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2020 01:40
Last Modified: 04 Nov 2021 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67907

Actions (login required)

View Item View Item