IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO

Setyowibowo, Yusuf (2020) IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI SE-KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUSUF SETYOWIBOWO-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi tentang penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan dua variabel yaitu peraturan (rules) dan rutinitas (routines). Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SD Negeri di Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 277. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota. Teknik pengambilan sampel menggunakan pedoman dari Sugiyono yaitu 10% dari jumlah populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 125 responden. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket atau quesioner. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan tabel norma penilaian dari Saifuddin Azwar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang identifikasi penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kabupaten Kulon Progo menunjukkan bahwa dari 125 orang responden, 38 orang responden (30.4%) masuk dalam kategori sangat tinggi, 41 orang responden (32.8%) masuk dalam kategori tinggi, 28 orang responden (22.4%) masuk dalam kategori cukup, 11 orang responden (8.8%) masuk dalam kategori rendah dan 7 orang responden (5.6%) masuk dalam kategori sangat rendah. Nilai mean sebesar 47.10 menjelaskan bahwa identifikasi penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri se-Kabupaten Kulon Progo berada dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Peraturan (rules). Rutinitas (routines), Pembelajaran, Pendidikan Jasmani
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Mar 2020 07:45
Last Modified: 18 Mar 2020 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67904

Actions (login required)

View Item View Item