Setyadi, Dhoni Kurniawan (2020) PENERAPAN PERMAINAN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN JUMPSMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP N 2 PLAYEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI DHONI KURNIAWAN SETYADI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan katak berburu untuk meningkatkan kemampuan jumpsmash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre- eksperimental dengan bentuk eksperimen pretest-postest group design yaitu eksperimen yang dilakukan hanya pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta esktrakurikuler Bulutangkis SMP N 2 Playen yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel . Sampel berjumlah 30 atlet putra. Item tes yang akan digunakan untuk penelitian kemampuan jump smash oleh Saleh Anasir (2010:27) ini memiliki validitas 0,926 dari critrion round robin tournament dan reliabilitas 0,90 dari test-retest. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan permainan katak berburu terhadap peningkatan kemampuan jump smash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen”, dengan nilai t hitung 6,928 > ttabel (0,05)(29) 2,045, nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 41,81%, sehingga Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan reaksi, jumpsmash, bulutangkis |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 06:50 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 06:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67901 |
Actions (login required)
View Item |