HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO

Widyama, Alfi (2020) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALFI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 2 Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan instrumen berupa tes, instrumen kualitas tidur dengan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dengan validitas (r=0.73), reliabilitas (Cronbach’s α=0.83), sedangkan kebugaran jasmani menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 16-19 tahun dengan validitas (r=0,960) putra (r=0,711) putri , reliabilitas tes (0,720) putra (0,673) putri. Populasi penelitian ini adalah siswa yang mengkuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 2 Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Total sampel sebanyak 24 siswa. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment (Karl Pearson) pada taraf signifikansi 0,05 atau 5 %. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, dan pengujian hasil penelitian diperoleh nilai rx.y = -0,768 > r tabel = 0.388 , maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA Negeri 2 Wonosobo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas tidur, kebugaran jasmani, ekstrakurikuler bolabasket
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:43
Last Modified: 18 Mar 2020 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67900

Actions (login required)

View Item View Item