Khummayah, Septiyani Nur (2020) PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS ATAS SD NEGERI 1 SEDAYU TERHADAP PEMBELAJARAN TEORI SENAM LANTAI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI_SEPTIYANI NUR KHUMMAYAH_16604221029.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas atas SD Negeri 1 Sedayu terhadap pembelajaran teori senam lantai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas atas SD Negeri 1 Sedayu yang sudah pernah mengikuti pembelajaran teori senam lantai sebanyak 16 peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dari Mile dan Huberman. Hasil dari penelitian ini persepsi peserta didik kelas atas SD Negeri 1 Sedayu terhadap pembelajaran teori senam lantai berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal peserta didik memiliki ketertarikan dan dorongan untuk belajar teori senam lantai. Peserta didik mendapatkan pengetahuan berkaitan dengan senam lantai dan memiliki harapan untuk mendapatkan praktik pengalaman senam lantai. Akan tetapi untuk faktor sikap, peserta didik merasa bosan apabila terlalu lama mengikuti pembelajaran teori senam lantai di dalam kelas. Sedangkan dari faktor eksternal peserta didik memiliki persepsi bahwa pembelajaran teori senam lantai terasa susah karena tidak diikuti dengan praktiknya. Situasi pembelajaran teori senam lantai di kelas ramai dikarenakan peserta didik kurang konsentrasi terhadap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, peserta didik kelas atas, pembelajaran teori senam lantai |
Subjects: | Olahraga Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 06:30 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 06:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67897 |
Actions (login required)
View Item |