PERSEPSI SOSIAL DAN UPAYA PARA ORANG TUA, SUPPORTER DAN MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN KARAKTER FAIRPLAY DALAM SEPAKBOLA DI KABUPATEN BANTUL

Soleha, Tiara Leni (2020) PERSEPSI SOSIAL DAN UPAYA PARA ORANG TUA, SUPPORTER DAN MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN KARAKTER FAIRPLAY DALAM SEPAKBOLA DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TIARA LENI SOLEHA 16604224001 PGSD PENJAS-converted.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi sosial dan upaya para orang tua, supporter, dan masyarakat untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode mix methods dengan pengambilan data menggunakan kuisioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua, supporter, dan masyarakat yang ada berasal dari Kabupaten Bantul yang berjumlah 75 responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 25 orang tua, 25 supporter dan 25 masyarakat. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif yang tuangkan dalam bentuk persentase. Penentuan dalam menggunakan sampel menggunakan teknik Incidental Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi sosial dan upaya para orang tua untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Bantul rata-rata masuk kedalam kategori tinggi. (1) Hasil Penelitian menunjukan bahwa 0 orang tua (0%) masuk kategori sangat rendah, 0 orang tua (0%) masuk kategori rendah, 1 orang tua (4%) masuk kategori sedang, 22 orang tua (88%) masuk kategori tinggi, 2 orang tua (8%) masuk sangat tinggi. (2) Supporter masuk kategori tinggi dengan rincian bahwa 0 supporter (0%) masuk kategori sangat rendah, 0 supporter (0%) masuk kategori rendah, 1 supporter (4%) masuk kategori sedang, 18 supporter (72%) masuk kategori tinggi, 6 supporter (24%) masuk kategori sangat tinggi. (3) Masyarakat masuk kategori tinggi dengan rincian bahwa 0 masyarakat (0%) masuk kategori sangat rendah, 0 masyarakat (0%) masuk kategori rendah, 0 masyarakat (0%) masuk kategori sedang, 13 masyarakat (52%) masuk kategori tinggi, 12 masyarakat (48%) masuk kategori sangat tinggi. (4) Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya orang tua meliputi memuji, memantau, memberikan penghargaan, adanya penekanan, sadar untuk anak, mensosialisasi, mencarikan orang lain untuk contoh, menerapkan kaidah, tidak pernah memaksa, mencari dan mengaplikasikan info, memberikan aplus dan disisi lain orang tua menyalahkan, melakukan protes, memberikan stimulus. (5) Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya supporter meliputi memuji, memantau, memberikan penghargaan, adanya penekanan, sadar untuk anak, mensosialisasi, mencarikan orang lain untuk contoh, menerapkan kaidah, tidak iii pernah memaksa, mencari dan mengaplikasikan info, memberikan aplus, mengajarkan dan disisi lain supporter menyalahkan, melakukan protes, memberikan stimulus. (6) Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya masyarakat meliputi memuji, memantau, memberikan penghargaan, adanya penekanan, sadar untuk anak, mensosialisasi, mencarikan orang lain untuk contoh, menerapkan kaidah, tidak pernah memaksa, mencari dan mengaplikasikan info, memberikan aplus, mempertahankan dan disisi lain orang tua menyalahkan, melakukan protes, memberikan stimulus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Sosial, Upaya, Sepakbola, Orang tua, Supporter, Masyarakat
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Mar 2020 04:48
Last Modified: 18 Mar 2020 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67893

Actions (login required)

View Item View Item