PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR TERHADAP KELINCAHAN DAN KECEPATAN REAKSI BAGI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Cahya, Indra Yunika Dwi (2020) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR TERHADAP KELINCAHAN DAN KECEPATAN REAKSI BAGI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
4. SKRIPSI INDRA YUNIKA DWI CAHYA 16601241017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan tradisional gobak sodor tehadap kelincahan dan kecepatan reaksi bagi peserta ekstrakurikuler bola basket SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain “One Group Pretest-Postest Design”. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola basket di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa, semua dijadikan subjek penelitian sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelincahan adalah illinois agility test dan untuk mengukur kecepatan reaksi adalah whole body reaction test. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan permainan tradisional gobak sodor terhadap kelincahan bagi peserta ekstrakurikuler bola basket SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, dengan nilai t hitung 9,735 > t tabel 2,145, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 8,74%, sehingga Ha diterima; dan (2) ada pengaruh yang signifikan permainan tradisional gobak sodor terhadap kecepatan reaksi bagi peserta ekstrakurikuler bola basket SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, dengan nilai t hitung 6,678 > t tabel 2,145, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 18,52%, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permainan gobak sodor, kelincahan, kecepatan reaksi
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:56
Last Modified: 17 Mar 2020 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67887

Actions (login required)

View Item View Item