PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI TERHADAP ASPEK PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN PURWOREJO

Ananta, Ridha Dwi (2021) PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI TERHADAP ASPEK PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ridha dwi ananta_17601241063.pdf

Download (816kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang proses pembelajaran daring PJOK yang dilakukan oleh guru dalam mencapai ranah psikomotor peserta didik Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian adalah 6 guru pendidikan jasmani yang mengajar di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Purworejo. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi langsung oleh peneliti. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Insturmen penelitian adalah peneliti itu sendiri namun dalam menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan 2 dari 4 prosedur yang direkomendasikan dalam pendekatan penelitian kualitatif, yaitu horizonalisasi dan deskripsi tekstural. Hasil penelitian menyajikan deskripsi tekstural tentang proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru penjas. Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa proses pembelajaran daring yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Purworejo meliputi (1) latar belakang pendidik, (2) persiapan pembelajaran daring PJOK, (3) proses pembelajaran daring PJOK, (4) media pembelajaran daring PJOK, (5) penilaian pembelajaran daring PJOK, (6) kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring PJOK.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, metode pengajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:09
Last Modified: 18 Jun 2021 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67886

Actions (login required)

View Item View Item