Manajemen Kurikulum Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar Adiwiyata Kabupaten Kulon Progo.

Cahyanti, Lusia Dwi Septi and Raharja, Setya (2019) Manajemen Kurikulum Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar Adiwiyata Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
Bab I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Permasalahan lingkungan merupakan masalah yang krusial saat ini karena banyak generasi muda yang kurang memiliki pemahaman dan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan hidup. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan tersebut adalah melalui penerapan program Adiwiyata di berbagai jenjang pendidikan. Salah satu komponen penting dalam program adiwiyata tersebut adalah kurikulum berbasis lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan manajemen kurikulum pada sekolah dasar adiwiyata mandiri di Kabupaten Kulon Progo, yaitu SD Negeri 4 Wates dan SD Negeri Kembangmalang. Penelitian adalah case study kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan wawancara, lembar observasi, dan daftar cek (checklist). Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan hidup diintegrasikan dalam kurikulum nasional yang diberlakukan sekolah dengan menyisipkan materi tentang lingkungan hidup pada setiap muatan pelajaran. Perencanaan kurikulum dilakukan melalui berbagai tahapan sistematis dengan melibatkan berbagai stakeholder. Kurikulum berbasis lingkungan dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan berbagai pembiasaan yang melibatkan siswa secara aktif dalam pengelolaan lingkungan. Evaluasi kurikulum dilakukan melalui supervisi dan evaluasi bersama seluruh stakeholder dengan indikator ketercapaian yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: adiwiyata, kurikulum berbasis lingkungan, manajemen
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:46
Last Modified: 28 May 2021 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67872

Actions (login required)

View Item View Item