Manajemen Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta.

Chrisvianova, Fairuz and Haryanto, Haryanto (2019) Manajemen Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen uji kompetensi keahlian (UKK) di SMKN 2 Kasihan Bantul, Yogyakarta. SMKN 2 Kasihan menggunakan pedoman pelaksanaan UKK yang diterbitkan oleh Direktorat Pembina SMK (2018/2019) sebagai panduan dalam melaksanakan UKK. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta, selama bulan Januari- Maret 2019. Sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, penguji, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan guideline wawancara, lembar observasi, dan studi dokumen, serta keabasahan data yang menggunakan triangulasi sumber data. Data dianalisis dengan enam langkah menurut Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan UKK yang meliputi 2 hal, yaitu perencanaan tim pelaksana UKK dan perencanaan siswa. (2) Pengorganisasian pelaksanaan UKK yang disesuaikan dengan surat tugas mengenai jobdesk tim pelaksana UKK dan guru pembimbing/penguji internal, serta mengorganisir kesiapan siswa. (3) Pelaksanaan UKK yang memiliki berbagai rangkaian penilaian, meliputi penyusuna proposal, penilaian etude, proses penilaian I, proses penilaian II (geladi kotor), proses penilaian III (geladi bersih), UKK reguler, dan UKK kemitraan. (4) Pengawasan UKK yang meliputi perbaikan nilai, rapat evaluasi tim pelaksana UKK, dan pengesahan sertifikat UKK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, uji kompetensi keahlian (UKK), sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:22
Last Modified: 28 May 2021 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67871

Actions (login required)

View Item View Item