Manajemen Sekolah Kejuruan Berbasis Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta.

Rahmadhany, Diah Ayu Runi and Prasojo, Lantip Diat (2019) Manajemen Sekolah Kejuruan Berbasis Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis peran DUDI dalam manajemen sekolah kejuruan di SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta; (2) Untuk menganalisis Peran DUDI dari sisi kurikulum, sarana dan prasarana, dan tenaga pendidik jurusan teknik otomotif di SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta; dan (3) Menganalisis formulasi pola manajemen sekolah kejuruan di SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di 2 sekolah kejuruan yaitu SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini dimulai pada bulan Juni 2019 hingga Agustus 2019. Informan penelitian ini terdiri dari Waka Kurikulum, Waka Sarana Prasarana, Waka kehumasan, Penjaminan Mutu, dan Kepala Jurusan Otomotif di kedua sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman, & Saldana (2014) yakni data collecting, data condensation, data display, dan conclusion drawing (verifiying). Penelitian ini menunjukan hasil bahwa: (1) Terdapat peran DUDI dalam kurikulum jurusan otomotif SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta baik dari sisi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (2) Terdapat peran DUDI kaitannya dengan sarana prasarana meskipun dalam hal ini sarana prasarana yang diberikan hanya bersifat bantuan program CSR. (3) Terdapat peran DUDI kaitannya dengan tenaga pendidik jurusan otomotif SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 2 Yogyakarta meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (4) Menemukan model hipotetik manajemen sekolah kejurusan berbasis industri dimana perlu adanya kebijakan pengelolaan bukan hanya dari dinas pendidikan saja, melainkan dinas perindustrian harus ikut serta dalam pengembangan dan pengelolaan SMK sehingga lulusan SMK siap untuk menghadapi dunia industri di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sekolah, Sekolah Kejuruan, Peran DUDI.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:08
Last Modified: 31 May 2021 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67870

Actions (login required)

View Item View Item