Implementasi Pembelajaran dengan Metode Montessori di SD Montessori Yogyakarta.

Nalurita, Agti and Haryanto, Haryanto (2019) Implementasi Pembelajaran dengan Metode Montessori di SD Montessori Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengungkap proses implementasi pembelajaran dengan metode Montessori di SD Montessori Yogyakarta, (2) menemukan faktor-faktor yang menjadi kendala implementasi pembelajaran dengan metode Montessori. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik dengan jenis studi kasus. Peneliti tidak melakukan manipulasi atau perlakuan-perlakuan tertentu sehingga mengungkapkan keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Peneliti menganalisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Analisis data terdiri dari data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Implementasi pembelajran dengan metode Montessori, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai evaluasi dilaksanakan secara terstuktur dan berkesinambungan mulai dari awal semester pembelajaran sampai semester berakhir. Pembelajaran dengan metode Montessori diintegrasikan dengan kurikulum nasional. Kekurangan implementasi pembelajaran terdapat pada kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaannya. Guru SD Montessori membuat RPP secara umum, sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan individual sehingga RPP individual sangat diperlukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal. (2) Kendala-kendala yang dihadapi antara lain: pengaturan kelas dan pembelajaran dengan metode Montessori sering dipertanyakan dan dianggap tidak sesuai dengan jalannya kurikulum nasional, serta alokasi waktu pembelajaran yang harus menyesuaikan kalender akademik nasional berbeda dari pembelajaran Montessori yang memberikan tes sesuai kesiapan masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pembelajaran, metode Montessori.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:08
Last Modified: 31 May 2021 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67859

Actions (login required)

View Item View Item