Pemarkah Temporal Bahasa Jerman dan Padanannya dalam Bahasa Indonesia dalam Roman die Regenbogen-Truppe von Andrea Hirata.

Musahadah, Zahrina Sanni' and Triyono, Sulis (2020) Pemarkah Temporal Bahasa Jerman dan Padanannya dalam Bahasa Indonesia dalam Roman die Regenbogen-Truppe von Andrea Hirata. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menunjukan bentuk-bentuk ekspresi temporal Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia dalam Roman die Regenbogen- Truppe von Andrea Hirata dan novel Laskar Pelangi; (2) Menunjukan padanan pemarkah temporal bahasa Jerman dalam bahasa Indonesia pada Roman die Regenbogen-Truppe von Andrea Hirata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh data baik secara gramatik maupun berupa leksem yang menandai temporal, sedangkan objek penelitian ini adalah seluruh satuan lingual berupa kata maupun frasa yang mengandung makna temporal. Data bersumber pada Roman die Regenbogen-Truppe dan Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik baca-catat. Selanjutnya analisis data dilakukan melalui metode padan referensional dan metode translasional. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Hasil penelitian ini menunjukan beberapa bentuk ekspresi temporal dalam bahasa Jerman, diantaranya adalah (1) Tempusform ‘bentuk kala’, (2) Temporaladverbien ‘adverbia temporal’, (3) Nominalphrase ‘frasa nomina’ dan (4) Discourse Device ‘piranti wacana’. Bentuk ekspresi temporal dalam bahasa Indonesia didapatkan (1) piranti wacana, (2) adverbia temporal, (3) nomina temporal, (3) frasa nomina, dan (4) prefiks ter-. Selain itu, juga didapatkan padanan pemarkah temporal Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia sebagai berikut (1) Vergangenheit ‘lampau’ – lampau, (2) Vergangenheit ‘lampau’ – sekarang, (3) Vergangenheit ‘lampau’ – mendatang, (4) Gegenwart ‘sekarang’ – sekarang, (5) Gegenwart ‘sekarang’ – lampau, (6) Gegenwart ‘sekarang’ – mendatang, (7) Zukunft ‘mendatang’ – mendatang. (8) Zukunft ‘mendatang’ – sekarang. Padanan temporal kedua bahasa tersebut ditunjukan melalui bentuk ekspresi temporal secara tunggal maupun kombinasi antar bentuk ekspresi temporal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Temporal, padanan, pemarkah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:59
Last Modified: 12 Mar 2020 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67850

Actions (login required)

View Item View Item