PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI NGENTAKREJO

Rohmah, Fatmawati Dwi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI NGENTAKREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fatmawati Dwi Rohmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Ngentakrejo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group desain. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngentakrejo. Kelas IV A sebagai kelompok kontrol (19 siswa) dan kelas IVB sebagai kelompok eksperimen (17 siswa). Obyek penelitian yaitu keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/skala, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa lembar skala keaktifan belajar siswa dan lembar observasi keterlaksanaan model Numbered Heads Together (NHT). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan t-test sample independent yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitas datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Ngentakrejo. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t nilai keaktifan setelah perlakuan yaitu |thitung|= 3,744 > ttabel= 2,04 nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,001 < 0,05). Rata-rata nilai keaktifan sebelum perlakuan kelompok eksperimen sebesar 70,69 dan setelah perlakuan sebesar 81,69. Sedangkan hasil rata-rata keaktifan sebelum perlakuan kelompok kontrol sebesar 71,29 dan setelah perlakuan sebesar 74,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada model konvensional. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), keaktifan belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:33
Last Modified: 11 Mar 2020 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67845

Actions (login required)

View Item View Item