UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI SIDAKAN KULON PROGO

Purwandari, Dyah Novita (2020) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI SIDAKAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dyah Novita Purwandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar Negeri Sidakan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata percaya diri siswa kelas IV minimal mencapai persentase sebesar 75% yang termasuk pada kategori sedang. Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menerapkan langkah mencari pasangan kelompok, penyampaian topik materi pembelajaran, thinking, pairing, sharing, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa percaya diri siswa kelas IV SD Negeri Sidakan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Peningkatan percaya diri siswa dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan sebesar 16,98% dari siklus I sebesar 66,99% meningkat di siklus II menjadi 83,97%. Sedangkan hasil angket percaya diri siswa menunjukan peningkatan sebesar 10,49% dari siklus I sebesar 73,56% meningkat di siklus II menjadi 84,05%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kegiatan pembelajaran IPS dapat meningkatakan percaya diri siswa kelas IV SD Negeri Sidakan. Kata kunci : percaya diri, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:04
Last Modified: 11 Mar 2020 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67842

Actions (login required)

View Item View Item