Pengaruh Penerapan Model Guided Inquiry disertai Jurnal Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMA.

Sado, Reginaldis Isabella and Aminatun, Tien (2019) Pengaruh Penerapan Model Guided Inquiry disertai Jurnal Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model guided inquiry disertai jurnal siswa terhadap kemampuan menerapkan konsep pada materi perubahan lingkungan, dan (2) pengaruh model guided inquiry disertai jurnal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ngaglik. Sampel penelitian ini adalah 2 yaitu X MIPA 2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan X MIPA 3 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen menerapkan model guided inquiry disertai jurnal siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan menerapkan konsep berupa soal pilihan ganda dan kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model guided inquiry disertai jurnal siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menerapkan konsep dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05), dan (2) model guided inquiry disertai jurnal siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai signifikan 0.000 (<0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry disertai jurnal siswa, menerapkan konsep, berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:18
Last Modified: 06 Mar 2023 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67840

Actions (login required)

View Item View Item