Sari, Ratna Yunita and Nurcahyo, Heru (2020) Efektivitas Guided Discovery Learning Disertai Concept Mapping terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Endokrin Kelas XI SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) model guided discovery learning disertai concept mapping terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, 2) pengaruh guided discovery learning dengan pendekatan saintifik (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, dan 3) pengaruh guided discovery learning disertai concept mapping dengan pendekatan saintifik (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent pretest-posttest control-group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI SMA N 2 Ngaglik. Sampel penelitian yaitu menggunakan 3 kelas, dengan rincian sebagai berikut: kelas XI MIPA 1 (strategi pendekatan saintifik 5M), kelas XI MIPA 3 (guided discovery learning) dan kelas XI MIPA 4 (guided discovery learning disertai concept mapping). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengukuran pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA dan membandingkan N gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model guided discovery learning disertai concept mapping efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, 2) terdapat perbedaan antara model guided discovery learning dengan scientific approach (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA dan 3) terdapat perbedaan antara model guided discovery learning disertai concept mapping dengan scientific approach (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guided discovery learning. concept mapping, pemahaman konsep, berpikir kritis, endokrin, XI SMA |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 01:17 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 03:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |