Efektivitas Guided Discovery Learning Disertai Concept Mapping terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Endokrin Kelas XI SMA.

Sari, Ratna Yunita and Nurcahyo, Heru (2020) Efektivitas Guided Discovery Learning Disertai Concept Mapping terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Endokrin Kelas XI SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) model guided discovery learning disertai concept mapping terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, 2) pengaruh guided discovery learning dengan pendekatan saintifik (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, dan 3) pengaruh guided discovery learning disertai concept mapping dengan pendekatan saintifik (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent pretest-posttest control-group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI SMA N 2 Ngaglik. Sampel penelitian yaitu menggunakan 3 kelas, dengan rincian sebagai berikut: kelas XI MIPA 1 (strategi pendekatan saintifik 5M), kelas XI MIPA 3 (guided discovery learning) dan kelas XI MIPA 4 (guided discovery learning disertai concept mapping). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengukuran pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA dan membandingkan N gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model guided discovery learning disertai concept mapping efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA, 2) terdapat perbedaan antara model guided discovery learning dengan scientific approach (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA dan 3) terdapat perbedaan antara model guided discovery learning disertai concept mapping dengan scientific approach (5M) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem endokrin kelas XI MIPA tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guided discovery learning. concept mapping, pemahaman konsep, berpikir kritis, endokrin, XI SMA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:17
Last Modified: 23 Feb 2023 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67838

Actions (login required)

View Item View Item