Pengembangan E-Modul Pengayaan Ekosistem Mangrove Indramayu untuk Meningkatkan Kemandirian dan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X.

Aprilia, Irma and Suryadarma, IGP (2019) Pengembangan E-Modul Pengayaan Ekosistem Mangrove Indramayu untuk Meningkatkan Kemandirian dan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) e-modul pengayaan layak digunakan peserta didik kelas X MIPA dalam pembelajaran pengayaann;(2) pengaruh penggunaan e-modul pengayaan ekosistem mangrove Indramayu dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di SMA N 1 Sindang dan (3) pengaruh penggunaan e-modul pengayaan ekosistem mangrove Indramayu dalam meningkatkan literasi sains peserta didik di SMA N 1 Sindang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Developmet (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan desain non equivalent control grup design. Produk e-modul pengayaan divalidasi oleh dosen ahli, guru biologi dan diujicobakan secara terbatas pada 23 orang peserta didik kelas XI. Subjek uji coba lapangan sebanyak 42 peserta didik (sebanyak 20 orang peserta didik kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen, dan 20 orang peserta didik kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah angket kemandirian belajar peserta didik dan tes kemampuan literasi sains. Data hasil penelitian dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, analisis Mann Whitney dan perhitungan Normalized Gain Score (N-Gain Score). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) E-modul pengayaan dikategorikan sangat layak untuk digunakan oleh peserta didik kelas X MIPA dalam pembelajaran pengayaan berdasarkan penilaian para reviewer; (2) E-modul pengayaan berbasis ekosistem mangrove Indramayu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar peserta didik yang dibuktika dengan nilai signifikansi 0.077> 0.05 dan kategori peningkatan rendah dari hasil perhitungan N-Gain Score sebesar 0.20; (3) E-modul pengayaan berbasis ekosistem mangrove Indramayu berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains peserta didik yag dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.024< 0.05 dan kategori peningkatan sedang dari hasil perhitungan N-Gain Score sebesar 0.51.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, pengayaan, ekosistem, mangrove, kemandirian belajar, dan literasi sains.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:04
Last Modified: 23 Feb 2023 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67837

Actions (login required)

View Item View Item