Pengembangan Mobile Learning Sinyal Wasit Bola Basket Berbasis Android.

Nugraha, Liesda Oktoviani and Suharjana, Suharjana (2019) Pengembangan Mobile Learning Sinyal Wasit Bola Basket Berbasis Android. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa software APK aplikasi android mobile learning peraturan sinyal wasit bagi peserta kegiatan ekstrakurikuler bola basket SMA tingkat lanjutan yang valid dan efektif. Mobile learmimg ini menggunakan smartphone android minimal OS 4.0. Aplikasi android basketball rules yang dikembangkan memuat materi tentang sinyal wasit beserta kejadian yang sering muncul dalam pertandingan Bola basket tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang menggunakan prosedur penelitian dari Borg & Gall namun mengalami modifikasi. Peneliti memodifikasi dari 10 langkah Borg & Gall menjadi 5 tahap, yaitu tahap (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan disain, (3) validasi produk, (4) uji coba lapangan, dan (5) tahap uji operasional. Validasi ahli oleh ahli materi dan validasi ahli media menggunakan instrumen angket. Uji coba lapangan terdiri dari dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Setelah melakukan uji coba lapangan, aplikasi basketball rules siap untuk uji operasional yang dilakukan untuk menguji efektifitas dan keterbacaan buku panduan. Jumlah subjek untuk uji coba kelompok kecil 21 siswa dan 1 pelatih, uji coba kelompok besar 39 siswa dan 2 pelatih, dan uji operasional 17 siswa dan 1 pelatih. Uji coba ini melibatkan siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler bola basket SMA tingkat lanjutan di daerah Jawa Barat Wilayah VI yang berjumlah 1 SMA. Hasil akhir produk berupa Application package file APK aplikasi basketball rules pada android. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk Pendahuluan, Profil; berisi data pribadi pengembang dan di akhir paragrap pengembang memberitahu tujuan aplikasi basketball rules. Menu Utama; Siswa dapat memilih menu yang tersaji pada menu, yakni materi; game clock signals, scoring and free throws, substitution and time out, informative, violation, number of player, type of fouls dan special fouls yang bersisi tentang bagian-bagian item video (sub materi) beserta nama kejadian dalam video tersebut dari nama materi utama, evaluasi ; terdiri dari 50 soal pilihan ganda. Dalam latihan soal ini terdapat skor pada akhir soal beserta persentase pada setiap materi. Siswa yang telah mengerjakan soal dapat langsung mengetahui nilai yang diperolehnya serta dibagian materi apa yang paling lemah bisa terlihat untuk menjadi bahan evaluasi untuk dirinya sendiri, profil pengembang, tombol panduan; tombol panduan terletak pada toolbar atas untuk memandu siswa mengetahui fungsi-fungsi dari aplikasi tersebut, dan tombol keluar; tombol keluar ketika di klik maka akan muncul dua pilihan ya dan tidak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Aplikasi, Peraturan Sinyal Wasit, Bola Basket, SMA
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:58
Last Modified: 06 Jan 2022 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67833

Actions (login required)

View Item View Item