Pengembangan Model Intervensi Berbasis Aplikasi Android ‘SAHABAT LEKAT’ untuk Pengembangan Identitas Diri Friendship pada Remaja Akhir.

Harlina, Mutiara and Suwarjo, Suwarjo (2020) Pengembangan Model Intervensi Berbasis Aplikasi Android ‘SAHABAT LEKAT’ untuk Pengembangan Identitas Diri Friendship pada Remaja Akhir. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kelayakan dan efektifitas aplikasi SAHABAT LEKAT sebagai media berbasis android dalam rangka pengembangan model intervensi untuk mengembangkan identitas diri friendship bagi remaja akhir. Model pengembangan penelitian ini yaitu 4D milik Thiagarajan dengan desain uji coba oleh ahli materi, ahli media, serta pengguna aplikasi. Pengguna aplikasi/subyek uji coba yaitu mahasiswa yang termasuk remaja akhir dengan usia 18-22 tahun sejumlah 36 orang yang memiliki smartphone berbasis android. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diisi oleh ahli materi, ahli media, dan subyek. Teknik analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk respon dan masukan dari setiap tahap yang ada dalam prosedur pengembangan model 4D serta menjadi dasar dari uji kelayakan produk penelitian oleh ahli. Teknik analisis data kuantitatif melalui uji-t one group digunakan sebagai dasar uji efektifitas model intervensi yang tertuang dalam produk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SAHABAT LEKAT sebagai media berbasis android untuk mengembangkan identitas diri friendship bagi remaja akhir dinyatakan layak untuk dipergunakan berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. Produk penelitian disimpulkan layak dipergunakan dengan revisi sesuai saran berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi, sedangkan berdasarkan uji kelayakan oleh ahli media produk penelitian disimpulkan layak dipergunakan tanpa revisi. Selain itu, aplikasi SAHABAT LEKAT sebagai media intervensi berbasis android terbukti efektif untuk mengembangkan identitas diri friendship bagi remaja akhir. Efektifitas produk penelitian ditunjukkan dengan adanya signifikansi yang positif dengan nilai peluang sebesar 0,0 serta nilai uji-t one group sebesar -5 pada kedua aspek eksplorasi dan komitmen terhadap perbedaan skor sebelum dan sesudah para subyek melakukan intervensi yang diberikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aplikasi android, SAHABAT LEKAT, identitas friendship, remaja akhir
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:04
Last Modified: 08 Nov 2021 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67805

Actions (login required)

View Item View Item