Yusuf, Yusuf and Sofyan, Herminarto (2019) Model Pembelajaran Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (a) menghasilkan model pembelajaran HOTS yang layak dalam: peningkatan prestasi siswa, praktis diterapkan dan mudah disesuaikan dengan dukungan alat dan bahan yang ada dan (b) membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran HOTS yang dihasilkan terhadap aspek: kemampuan berpikir kritis siswa, kemampuan berpikir kreatif siswa dan kemampuan problem solving siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subyek penelitian adalah siswa SMK pada unit sampel SMK 3 Muhammadiyah, Yogyakarta, SMKN 2 Yogyakarta, dan SMKN 2 Depok, Yogyakarta. Data penelitian awal dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas dan analisis dokumen sedangkan data uji coba diperoleh dengan quasi ekperimen. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif untuk data wawancara dan observasi sedangkan data quasi ekperimen dianalisis kuantitatif dengan program SPSS dan Lisrel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran HOTS terbukti cukup efektif mampu meningkatkan prestasi siswa dalam aspek kognitif dan perilaku berpikir siswa. Model pembelajaran cukup mudah diterapkan dan dapat diselaraskan dengan situasi dan kondisi sekolah seperti sarana dan prasarana penunjang pembelajaran dan kemampuan siswa yang bervariasi. Penerapan model pembelajaran HOTS di SMK terbukti memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap prestasi belajar dengan tingkat efektifitas 73%, dan kemampuan berpikir siswa dalam hal berpikir kritis, berpikir kreatif dan problem solving dengan tingkat efektifitas 80%. Model pembelajaran yang dihasilkan juga praktis diterapkan dan masih bisa dikembangkan untuk menghasilkan model dengan efektifitas yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, HOTS, berpikir kritis, berpikir kreatif, problem solving |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 01:26 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 02:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67798 |
Actions (login required)
View Item |