Budaya Internasionalisasi Institusi Pendidikan Tinggi Swasta di Universitas Muhammdiyah Yogyakarta dan Universitas Islam Indonesia.

Rusman, Ade and Zamroni, Zamroni (2019) Budaya Internasionalisasi Institusi Pendidikan Tinggi Swasta di Universitas Muhammdiyah Yogyakarta dan Universitas Islam Indonesia. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses budaya internasionalisasi Institusi Pendidikan Tinggi Swasta (IPTS) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam proses internasionalisasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif (kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan: penggambaran/verifikasi). Hasil Penelitian ini menunjukkan proses terbentuknya budaya internasionalisasi IPTS di UMY dan UII diawali adanya kesadaran akan kebutuhan internasionalisasi, selanjutnya berkembang menjadi komitmen bersama yang dimanifestasikan dengan merumuskan perencanaan, menentukan kebijakan dan strategi yang mendukung proses internasionalisasi. Budaya organisasi di UMY dan UII sangat kuat dan berorientasi keluar sehingga peranannya dalam proses internasionalisasi sangat kuat. Model budaya institusi UMY dan UII adalah wirausaha-kolegial sehingga sangat mendukung model internasionalisasi yang proaktif dan berkelanjutan. Proses internasionalisasi dibingkai oleh nilai-nilai Islam Kemuhammadiyahan (UMY) dan Kosmopolitan (UII). Strategi internasionalisasi yang dilaksanakan oleh UMY dan UII meliputi internasionalisasi di dalam (internationalization at home) dan di luar (internationalization aboard). Pada akhirnya, proses internasionalisasi IPTS di UMY dan UII merupakan proses yang tidak mudah, panjang dan berkelanjutan yang didukung oleh komitmen kuat pimpinan, networking yang luas, SDM yang unggul, dana yang besar dan kebijakan yang adaptif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: budaya internasionalisasi, internasionalisasi, institusi pendidikan tinggi swasta.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:17
Last Modified: 26 Apr 2022 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67787

Actions (login required)

View Item View Item