Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), KPS, Curiosity Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala.

Irdalisa, Irdalisa and Suyanto, Slamet (2019) Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing berbantuan ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), KPS, Curiosity Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui pengaruh model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT yang layak digunakan pada pembelajaran biologi dalam mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia dalam rangka meningkatkan kemampuan TPACK, KPS, Cusiority Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall. Hasil penelitian meliputi perangkat perkuliahan Anatomi Fisiologi Manusia yang terdiri dari RPS, modul, LKM, media pembelajaran, dan instrument penilaian. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data tentang Technological Knowledge mahasiswa pada kelas uji terbatas dan kelas uji coba luas memiliki nilai yang berbeda, berada pada kategori baik dan sangat baik. Untuk Content knowledge pada uji terbatas nilai rata-rata pemahaman konsep mahasiswa tahap uji terbatas dan luas menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa setelah penerapan model Inkuiri terbimbing. Untuk penilaian Pedagogical Knowledge persentase aspek Pedagogical Knowledge mahasiswa berada pada kategori baik pada rumusan tujuan/indikator RPP dan kesesuaian rencana pembelajaran sedangkan tahap uji coba luas semua aspek penilaian pengetahuan pedagogik mahasiswa berada pada kategori sangat baik. Penelitian tentang KPS hasil analisis Keterampilan Proses Sains mahasiswa menunjukkan adanya peningkatan selama penerapan model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT dalam proses pembelajaran. Peningkatan terjadi pada setiap aspek keterampilan proses sains yang meliputi mengamati atau observasi, mengelompokkan atau klasifikasi, meramalkan atau prediksi, inferensi, berhipotesis, interpretasi data, merencanakan percobaan, dan berkomunikasi. Untuk Curiosity Model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT yang dikembangkan mampu meningkatkan Curiosity mahasiswa karena dirancang dengan mengoptimalkan potensi mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya karena model Inkuiri terbimbing meliputi berbagai aktivitas seperti mengajukan pertanyaan, mengajukan, melakukan pengamatan, mengumpulkan data, interpretasi data, dan menyimpulkan yang mendorong keterlibatan mahasiswa di dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT yang dikembangkan layak, praktis dan efekif untuk pembelajaran biologi dalam mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia dalam rangka meningkatkan kemampuan TPACK, KPS dan Curiosity mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, ICT, TPACK, KPS, Curiosity
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:04
Last Modified: 28 May 2021 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67779

Actions (login required)

View Item View Item