Pengembangan Model Cooperative Research Project Based Learning (CORPjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Penelitian dan Komunikasi Ilmiah MahasiswaPendidikan Fisika.

Yanti, Fitri April and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Model Cooperative Research Project Based Learning (CORPjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Penelitian dan Komunikasi Ilmiah MahasiswaPendidikan Fisika. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) model CORPjBL yang memiliki karakteristik model yang dapat meningkatkan keterampilan penelitian dan komunikasi ilmiah mahasiswa pendidikan fisika, (2) model CORPjBL yang layak untuk meningkatkan keterampilan penelitian dan komunikasi ilmiah mahasiswa pendidikan fisika,dan (3) menghasilkan model CORPjBL yang efektif untuk meningkatkan keterampilan penelitian dan komunikasi ilmiah mahasiswa pendidikan fisika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan langkah ADDIE. Subyek ujicoba meliputi mahasiswa pendidikan fisika semester V yang mengambil matakuliah strategi pembelajaran fisika. Data need assessment dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan observasi. Data kelayakan model pembelajaran dikumpulkan dengan angket lembar validasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik infrerensial. Temuan penelitian adalah:(1) model CORPjBLyang dapat meningkatkan keterampilan penelitian dan komunikasi ilmiah mahasiswa pendidikan fisika memiliki karakteristik langkah pembelajaran yang meliputi: pembentukan kelompok dan menemukan masalah, perencanaan proyek penelitian, pelaksanaan proyek penelitian, analisis data hasil proyek penelitian, penilaian dan diseminasi hasil proyek penelitian, (2) model CORPjBL yang dihasilkan layak digunakan menurut penilaian ahli dan praktisi. Kualitas kelayakan model berada pada kriteria sangat baik. (3) model CORPjBL efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan penelitian dan komunikasi ilmiah mahasiswa pendidikan fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cooperative research project based learning, keterampilan komunikasi ilmiah, keterampilan penelitian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:43
Last Modified: 28 May 2021 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67778

Actions (login required)

View Item View Item