Keefektifan Tiga Level Pembelajaran Inkuiri terhadap Tingkat Kompetensi Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi.

Yanto, Bagus Endri and Paidi, Paidi (2019) Keefektifan Tiga Level Pembelajaran Inkuiri terhadap Tingkat Kompetensi Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa pendidikan biologi, (2) menganalisis keterlaksanaan pembelajaran model structured inquiry, guided inquiry dan free inquiry untuk peningkatan kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa pendidikan biologi, dan (3) menganalisis keefektifan pembelajaran model structured inquiry, guided inquiry dan free inquiry dalam peningkatan kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa pendidikan biologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitin menggunakan one group pretest posttest design pada tahap uji coba. Pada tahap implementasi menggunakan pretest posttest nonequivalen control group design. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat tahun ajaran 2017/2018 pada program studi pendidikan biologi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik pengumpulan data instrumen menggunakan lembar tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap model-model pembelajaran inkuiri dengan rentang kategori mudah dalam meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah, (2) penerapan model- model pembelajaran inkuiri bagi mahasiswa pendidikan biologi menunjukkan tingkat keterlaksanaan pembelajaran yang tergolong sangat baik, dan (3) penerapan model-model pembelajaran inkuiri efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah aspek analisis, evaluasi dan kreasi bagi mahasiswa pendidikan biologi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: penalaran ilmiah, tiga level inkuiri, pembelajaran biologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:27
Last Modified: 28 May 2021 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67777

Actions (login required)

View Item View Item