Studi Evaluatif: Implementasi Pendekatan CLT (Communicative Language Teaching) di Kampung Inggris Pare.

Ilmudinuloh, Rafiud and Wahyono, Sugeng Bayu (2019) Studi Evaluatif: Implementasi Pendekatan CLT (Communicative Language Teaching) di Kampung Inggris Pare. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sisi perencanaan, mendeskripsikan aspek implementasi, dan memeriksa aspek evaluasi dari implementasi pendekatan CLT di kampung Inggris Pare beserta faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dalam desain penelitian goal-free evaluation. Subjek penelitian terdiri atas pendiri LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan), manager akademik, tutor, dan siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman yang siklus-nya terdiri atas: 1) data collection, 2) data reduction, 3) data display, dan 4) conclusion: drawing or verifying. Implementasi pendekatan CLT di kampung Inggris Pare belum berjalan dengan maksimal, sebab implementasi belum didasari dengan perencanaan pembelajaran yang merujuk pada teori dan prinsip – prinsip pendekatan CLT, dan evaluasi pembelajaran dalam implementasi pendekatan CLT di kampung Inggris Pare belum memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang dikemukakan oleh ahli terutama terkait penyusunan kriteria penilaian. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tidak disusunnya rencana pembelajaran dan silabus pembelajaran secara administratif pada tiga program speaking dan minimnya muatan teori dan prinsip – prinsip CLT pada penyusunan silabus dan RPP di dua program speaking lainnya. Dan kriteria penilaian belum disertai dengan standarisasi yang jelas terkait dengan indikator penilaian dan pengambilan nilai atau skor. Meski demikian kerangka pembelajaran pada aspek pelaksanaan sudah mencirikan dan merepresentasikan pembelajaran CLT, di mana kerangka tersebut merujuk pada PBBI yang menjadikan konten pembelajaran sebagai stimulus yang dapat memotivasi siswa untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai alat berkomunikasi secara verbal. Implementasi pendekatan CLT dapat dilakukan secara maksimal dengan memperhatikan faktor pendukung seperti, penguatan terhadap pemahaman tutor terkait pendekatan CLT, motivasi belajar siswa, konten pembelajaran yang relevan dan menarik, lingkungan belajar yang kondusif, dan pengelolaan kelas yang baik, dan dengan menghindari faktor penghambat seperti, kemampuan pra-syarat siswa yang belum memadai, proses adaptasi dengan lingkungan belajar baru yang lambat, dan tidak tersedianya sumber, bahan, dan media pembelajaran yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CLT, Program Speaking, Kampung Inggris Pare.
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Sastra Anak
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:01
Last Modified: 31 May 2021 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67776

Actions (login required)

View Item View Item