Pengembangan E-dictionary Vocabulary dan Pronunciation untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Siswa SMA N 1 Pengasih.

Nugraha, Nanda Chandra and Amiseno, Abdul Gafur Dami (2019) Pengembangan E-dictionary Vocabulary dan Pronunciation untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Siswa SMA N 1 Pengasih. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) kelayakan, dan (2) efektivitas media e-dictionary vocabulary dan pronunciation sebagai media untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pengucapan bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap pengembangan melalui dua pengujian, yaitu uji coba ahli dan uji coba lapangan. Uji coba ahli yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan mengisi instrumen penilaian. Kemudian, uji coba lapangan terdiri atas uji coba lapangan awal, utama, dan operasional kepada siswa dengan pengumpulan data berupa pretest dan posttest. Data yang didapatkan kemudian dihitung dan dikonversi ke dalam bentuk deskripsi kualitas dan efektivitas media dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) e-dictionary vocabulary dan pronunciation yang dikembangkan berada pada kategori “layak” menurut ahli media, dengan skor rata-rata 3,09; “sangat layak” menurut ahli materi, dengan skor rata-rata 3,41; “sangat layak” menurut guru Bahasa Inggris, dengan skor rata-rata 3,59; dan “sangat layak” menurut siswa, dengan skor rata-rata 3,49; (2) e-dictionary vocabulary dan pronunciation yang dikembangkan masuk dalam kategori efektif berdasarkan observasi minat belajar, dengan 81,36% dan berdasarkan angket minat belajar dengan N-Gain Score 0,36, dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil belajar melalui pretest dan posttest dengan N-Gain Score 0,48 dan 0,37 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, e-dictionary vocabulary dan pronunciation yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pengucapan Bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-dictionary, minat belajar, pronunciation, vocabulary
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2020 01:53
Last Modified: 04 Mar 2020 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67773

Actions (login required)

View Item View Item