Efektivitas Pembelajaran Teaching Factory untuk Pengembangan Karakter Entrepreneurship Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Triasih, Rina and Soenarto, Sunaryo (2019) Efektivitas Pembelajaran Teaching Factory untuk Pengembangan Karakter Entrepreneurship Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran Teaching Factory (TeFa), dan efektivitas pembelajaran TeFa untuk pengembangan karakter entrepreneurship siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Kompetensi Keahlian Mekatronika. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan evaluasi dengan model context, input, process, product. Subjek penelitian ini yaitu: koordinator TeFa, guru, dan siswa yang mengikuti pembelajaran TeFa di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta dan SMK N 1 Bawang. Pengambilan data dilakukan melalaui angket, observasi, studi dokumen, dan wawancara. Uji validitas angket dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dengan nilai koefisien korelasi antara 0,408 dan 0,792. Uji reliabilitas instrumen angket dilakukan dengan teknik Alpha Cronbach dengan perolehan koefisien Alpha 0, 817 dan 0,833. Hasil penelitian ini dapat diketahui pelaksanaan pembelajaran TeFa secara keseluruhan komponen CIPP dalam kategori baik, yang mencakup: komponen context dalam kategori “cukup”, komponen input dalam kategori “baik”, komponen process dalam kategori “baik, dan komponen product dalam kategori “baik”. Selanjutnya, pembelajaran TeFa efektif digunakan untuk pengembangan karakter entrepreneurship siswa melalui uji beda Mann Whitney dengan nilai 0,228 untuk komponen input dan 0,237 untuk komponen product.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teaching factory, karakter kewirausahaan, entrepreneurship, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:55
Last Modified: 03 Mar 2020 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67764

Actions (login required)

View Item View Item