Pengembangan Model Pembelajaran Tari Do Janeng Mas dengan Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Metode Blended Learning pada Siswa Kelas XI SMA N 3 Yogyakarta.

Pujiasih, Ani and Kusnadi, Kusnadi (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Tari Do Janeng Mas dengan Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Metode Blended Learning pada Siswa Kelas XI SMA N 3 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, mengungkapkan kelayakan, dan mengungkapkan efektivitas model pembelajaran tari Do Janeng Mas dengan integrasi pendidikan karakter berbasis metode blended learning pada siswa kelas XI SMA N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan research and development yang mengadaptasi model pengembangan Lee & Owens yaitu: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan dan implementasi, dan 4) evaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media IT, dan siswa kelas XI SMA N 3 Yogyakarta. Subjek penelitiannya ahli media ICT, ahli materi, dan 42 orang siswa kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, skala rating, dan tes. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji efektivitas. Hasil penelitian berupa model blended learning dalam pembelajaran seni tari berintegrasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Seni Budaya materi tari kreasi Do Janeng Mas khususnya kelas XI SMA N 3 Yogyakarta. Pembelajaran dilakukan secara tatap muka, melalui praktik tari, dan online. Aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran adalah lms/web e-learning. Berdasarkan hasil analisis validasi media ICT blended learning pada materi pembelajaran tari Do Janeng Mas memperoleh efektifitas dengan presentase sebesar 90,90 yang termasuk dalam kategori sangat layak dan aspek materi memperoleh presentase sebesar 90,00 yang termasuk dalam kategori baik dan layak untuk digunakan sebagai materi dalam pembelajaran melalui model pembelajaran blended learning ini. Sedangkan perolehan presentase 21 orang pengguna berkaitan dengan aspek pembelajaran sebesar 97,81. Berdasarkan hasil tersebut secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tari Do Janeng Mas yang dikembangkan tersebut layak, mudah dipahami, dan efisien digunakan dalam pembelajaran dan meningkatkan tiga aspek karakter melalui olah hati, olah rasa, olah pikir, olah raga baik secara moral maupun kinerja siswa dalam pembelajaran, yakni tanggungjawab, disiplin, kerjasama, dan dapat dikembangkan untuk materi lainnya guna mempersiapkan generasi yang siap menghadapi perkembangan era abad 21.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, blended learning, pendidikan karakter, Tari Do Janeng Mas
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:10
Last Modified: 03 Mar 2020 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67759

Actions (login required)

View Item View Item