Muhammad, Ardiyana and Mukminan, Mukminan (2019) Evaluasi Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi SMA di Kabupaten Magelang. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Implementasi pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi SMA di Kabupaten Magelang. (2) Pemahaman guru terhadap konsep dari pendekatan saintifik. (3) Kesulitan guru geografi dalam implementasi pendekatan saintifik. (4) Pemilihan metode dalam pembelajaran geografi dengan pendekatan saintifik Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi. Penelitian evaluasi dilaksanakan di SMA Kabupaten Magelang yang sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013 sejak tahun ajaran 2013/2014. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling. Teknik probability sampling memberikan peluang yang sama bagi setiap sekolah SMA di Kabupaten Magelang untuk menjadi anggota sampel dalam penelitian. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Sampel guru geografi sebanyak tujuh, dan sampel peserta didik sebanyak 94 yang berada di kelas XI IPS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi dalam penelitian ini menujukan bahwa: (1) Implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi SMA di Kabupaten Magelang sudah konsisten dilaksanakan. Tahapan yang dilaksanakan guru dalam implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran geogarfi yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan informasi geografi. (2) Guru geografi di SMA yang diteliti telah memahami tentang pendekatan saintifik. Pemahaman guru geografi dapat dilihat dari penyusunan perangkat pembelajaran. (3) Guru geografi mengalami kesulitan saat implementasi pendekatan saintifik. Kesulitan tersebut berkaitan dengan proses penilaian dan motivasi peserta didik. (4) Guru geografi sudah baik dalam pemilihan metode. Metode yang digunakan dalam pembelajaran geografi yaitu problem-based learning, inquiri, dan project-based learning. Metode tersebut dapat mendukung proses implementasi pendekatan saintifik yang mana peserta didik memiliki peran lebih banyak dalam proses pembelajaran dan guru bertindak sebagai fasilitator.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, pembelajaran geografi, pendekatan saintifik |
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 08:00 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 08:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |