Pengembangan SSP Fisika Berbantuan Kearifan Lokal Sasando Melalui Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA.

Hetmina, Dickson Simonidez and Supahar, Supahar (2019) Pengembangan SSP Fisika Berbantuan Kearifan Lokal Sasando Melalui Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan SSP fisika berbantuan kearifan lokal sasando melalui android untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik. (2) mengetahui keefektifan SSP fisika berbantuan kearifan lokal sasando melalui android untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan Research and Development yang menggunakan desain model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subyek penelitian ini adalah 250 peserta didik kelas XI IPA dari beberapa SMA yang ada di Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur tahun ajaran 2018/2019 yang terlibat dalam uji empiris, 32 peserta didik kelas XI IPA SMAN 4 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dan yang terlibat dalam uji coba terbatas dan 93 peserta didik SMA Negeri 3 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang terlibat dalam uji coba lapangan. Instrumen tes terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes pemahaman konsep fisika. Instrumen non-tes berupa angket sikap ilmiah, angket penilaian kelayakan RPP, LKPD, media dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji kelayakan produk menggunakan standar baku sedangkan kevalidan instrumen soal dan angket menggunakan Aiken’V dan analisis Partial Credit Model (PCM) menurut teori respon butir (IRT). Teknik analisis uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah peserta didik menggunakan Generalized Linear Model (GLM) dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SSP Fisika berbantuan kearifan lokal sasando melalui android layak digunakan berdasarkan pada penilaian materi dan instrumen menurut ahli, praktisi dan teman sejawat dengan kategori baik, butir instrumen tes dan non-tes memenuhi kriteria valid menurut ahli, praktisi, praktisi, teman sejawat, dan reliabel sesuai teori respons butir pada Partial Credit Model (PCM). (2) SSP fisika berbantuan kearifan lokal sasando melalui android efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah dengan nilai partial eta square sebesar 52,5% dan 82,3% yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subjek Specific Pedagogy (SSP), Kearifan Lokal Sasando, Pemahaman Konsep Fisika, Sikap Ilmiah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:24
Last Modified: 11 Oct 2023 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67752

Actions (login required)

View Item View Item