Efektivitas Model Guided Discovery Learning Berbantuan Animasi Macro Media Flash terhadap Penurunan Miskonsepsi Materi Sistem Koordinasi di SMA.

Sugiyanto, Apryza Ryzchy Pratama Putra Negara and Mercuriani, Ixora Sartika (2019) Efektivitas Model Guided Discovery Learning Berbantuan Animasi Macro Media Flash terhadap Penurunan Miskonsepsi Materi Sistem Koordinasi di SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan model Guided Dicovery Learning berbantuan Animasi Macro Media Flash untuk menurunkan miskonsepsi peserta didik SMA Negeri 1 Pundong. Penelitian ini merupakan quasi-experiment dengan menggunakan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Sampel ditentukan menggunakan cluster random sampling technique, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol dengan total sampel sebanyak 64 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian kelayakan instrumen dari expert judgement dan tes diagnosis miskonsepsi Vibration Conceptual Change Inventory (VCCI) four tier. Tes yang digunakan telah memenuhi standar kelayakan penggunaan dengan uji validitas empiris dan reliabilitas. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan perhitugan n-gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model guided discovery learning berbantuan animasi macro media flash dapat menurunkan miskonsepsi pada peserta didik dengan total rata-rata penurunan sebesar 15%, ditunjukkan dengan perolehan hasil analisis data uji independent sample t-test yaitu nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hasil analisis nilai n-gain pada kelas eksperiem memperoleh nilai 0,49 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol dengan memperoleh nilai 0,30 dengan kriteria rendah. Dengan demikian, pembelajaran dengan model Guided Discovery Learning berbantuan media Animasi Macro Media Flash efektif dalam menurunkan miskonsepsi. Walaupun kedua model yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk dalam scientific approach namun animasi macro media flash yang digunakan pada kelas eksperimen dapat menunjang proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: animasi macro media flash, guided discovery learning, miskonsepsi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:15
Last Modified: 06 Mar 2023 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67748

Actions (login required)

View Item View Item