PENINGKATAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MUATAN IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GUNUNGPRING 1

Susanti, Susanti (2020) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MUATAN IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GUNUNGPRING 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Susanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VB SD Negeri Gununpring 1. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri Gunungpring 1 yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian berupa rasa ingin tahu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket rasa ingin tahu dan observasi keterlaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL). Indikator keberhasilan apabila rasa ingin tahu sebagian besar (>75%) siswa berada pada kategori minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, jumlah siswa yang berada pada kategori baik dan sangat baik berjumlah 17 siswa dengan persentase sebesar 73,91%. Pada siklus II, jumlah siswa yang berada pada kategori baik dan sangat baik berjumlah 19 siswa dengan persentase sebesar 82,61%. Berdasarkan perhitungan gain score didapatkan nilai sebesar 0,33 dan berada pada kategori pemahaman sedang. Langkah-langkah penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dilakukan dengan melaksanakan: 1) mengembangkan pikiran siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan; 2) guru mengajak siswa untuk menemukan materi pembelajaran tentang zat tunggal dan zat campuran; 3) siswa bertanya untuk mengembangkan rasa ingin tahu; 4) guru membentuk kelompok belajar yang masing-masing kelompok terdiri dari empat siswa; 5) guru menghadirkan video dan print out materi penunjuang sebagai model dalam pembelajaran selain buku tematik; 6) siswa bersama guru melakukan refleksi; dan 7) guru memberikan penilaian dengan memberikan soal evaluasi. Kata kunci: rasa ingin tahu, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:53
Last Modified: 02 Mar 2020 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67746

Actions (login required)

View Item View Item