PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA LITERASI INFORMASI IKLAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI NYAEN I TAHUN AJARAN 2019/2020

Sudwiyanto, Hasna Nur Halimah (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA LITERASI INFORMASI IKLAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI NYAEN I TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Hasna Nur Halimah Sudwiyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman pada literasi informasi iklan melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas V SD Negeri Nyaen I Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Nyaen I yang berjumlah 32. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara studi pendahuluan, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman pada literasi informasi iklan. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keterlaksanaan proses pembelajaran. Selain itu, peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman pada literasi informasi iklan ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan peningkatan jumlah peserta didik lulus KKM. Sebelum dilakukan penelitian, rata-rata kelas adalah 5,87 dengan rincian 21,875% peserta didik lulus KKM dan 78,125% peserta didik belum lulus KKM. Rata-rata kelas pada siklus I meningkat 0,38 menjadi 6,25 dengan rincian 40,625% peserta didik lulus KKM, dan 59,375% peserta didik belum lulus KKM. Sedangkan rata-rata pada siklus II meningkat 1,25 menjadi 7,50 dengan rincian 81,25% peserta didik lulus KKM, dan 18,75% peserta didik belum lulus KKM. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, literasi informasi iklan, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:06
Last Modified: 02 Mar 2020 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67739

Actions (login required)

View Item View Item