EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM DENGAN MEDIA TRAINER MIKROKONTROLER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Syahputra, Pandhega Wahyu (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM DENGAN MEDIA TRAINER MIKROKONTROLER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) gambaran pencapaian hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif yang menggunakan trainer mikrokontroler dengan yang tidak menggunakannya; (2) mengetahui efektivitas pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram dengan media trainer mikrokontroler dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pada ranah kognitif. Penelitian ini berjenis eksperimen kuasi dengan desain penelitian Non- Randomized Control Group Design. Pengambilan data penelitian bertempat di SMK N 2 Depok Sleman dengan totak subjek sebanyak 55 siswa kelas XI TOI dan SMK N 3 Yogyakarta dengan total subjek 59 siswa kelas XI TAV . Kelas XI TOI A sebagai kelas eksperimen dan kelas TOI B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian telah melalui tahap validasi oleh expert judgement, uji validitas, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif, uji Wilcoxon, dan uji Gain. Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif yang menggunakan Trainer, hal ini dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) di SMK Negeri 2 Depok Sleman dan SMKN Negeri 3 Yogyakarta yang lebih kecil dari taraf signifikansi (0,000 < 0,050); (2) Pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram media trainer kit mikrokontroler lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dibandingkan pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram tanpa media trainer kit mikrokontroler. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji rata-rata Gain kelas eksperimen di SMK Negeri 2 depok Sleman dan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu (0,74 > 0,53) dan (0,68 > 0,47).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eksperimen kuasi, trainer mikrokontroler
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:06
Last Modified: 28 Feb 2020 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67734

Actions (login required)

View Item View Item