Keefektifan Model Reciprocal Teaching Berbantuan Macromedia Flash terhadap Pemahaman Konsep dan Attitude towards Science Peserta Didik Kelas X SMA pada Materi Ekologi.

Haq, Ahmad Dliyaul and Suryadharma, IGP (2019) Keefektifan Model Reciprocal Teaching Berbantuan Macromedia Flash terhadap Pemahaman Konsep dan Attitude towards Science Peserta Didik Kelas X SMA pada Materi Ekologi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
Bab I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keefektifan model reciprocal teaching berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X SMA, (2) keefektifan model reciprocal teaching berbantuan macromedia flash terhadap attitude towards science siswa kelas X SMA. Penelitian ini adalah eksperimen semu yang menggunakan non-equivalent pretest-posttest comtrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA N 1 Jetis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes soal pilihan ganda untuk memperoleh data pemahaman konsep siswa dan angket untuk mengukur attitude towards science siswa. Analisis data yang digunakan adalah independent sample t test dan uji Mann-Whitney Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penggunaan model reciprocal teaching berbantuan macromedia flash efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, dan (2) penggunaan model reciprocal teaching berbantuan macromedia flash efektif dalam meningkatkan attitude towards science siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: atitude towards scienc, macromedia flash, pemahaman konsep, reciprocal teaching.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:40
Last Modified: 27 Feb 2023 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67728

Actions (login required)

View Item View Item