Manajemen Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo.

Noviandari, Hanifah and Haryanto, Haryanto (2019) Manajemen Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) manajemen Kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo; (2) hambatan dalam manajemen Kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di tiga sekolah dasar di Kecamatan Sukorejo yaitu SDN Kalimalang, SDN I Karanglolor, dan SDIT Darul Falah. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari-April 2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi panduan wawancara, lembar observasi, dan check list dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Milles, Huberman, & Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Manajemen Kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar meliputi: (a) perencanaan Kurikulum 2013 berdasarkan kebijakan pemerintah pada saat rapat kerja di awal semester dengan membentuk tim penyusun kurikulum. Upaya guru untuk memahami Kurikulum 2013 dengan mengikuti pelatihan dan mempelajari sendiri. Terdapat beberapa pertimbangan dalam perencanaan Kurikulum 2013. Visi dan misi sekolah terangkum dalam dokumen Kurikulum 2013. Pemberitahuan Kurikulum 2013 kepada masyarakat dilakukan pada saat rapat komite atau penerimaan rapor. Guru menyusun perangkat pembelajaran pada awal semester dan ketika ada supervisi. Namun, perangkat pembelajaran belum terdokumentasi dengan baik. (b) Pelaksanaan Kurikulum 2013 terlihat dalam pembelajaran pada kelas I, II, IV, dan V yang menggunakan tematik integratif dengan pendekatan saintifik yang terdiri atas lima kegiatan, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian autentik terdiri atas penilaian sikap spiritual, penilaian sikap sosial, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. (c) Evaluasi Kurikulum 2013 dapat diketahui dari adanya rapat evaluasi tiap pekan dan akhir semester, pengamatan selama proses pembelajaran, analisis penilaian autentik siswa, dan supervisi yang dilakukan kepala sekolah. (2) Hambatan dalam manajemen Kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar meliputi hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta terdapat beberapa upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, Kurikulum 2013, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:52
Last Modified: 31 May 2021 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67718

Actions (login required)

View Item View Item