Kinerja Guru SMK Pasca Kebijakan Alih Kelola SMK ke Propinsi Di Pulau Sulabesi

Rahayu, Susilo Dwi and Sukoco, Sukoco (2019) Kinerja Guru SMK Pasca Kebijakan Alih Kelola SMK ke Propinsi Di Pulau Sulabesi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini menilai kinerja guru SMK dalam pembelajaran efektif pasca kebijakan alih kelola SMK ke Propinsi dari dua sudut pandang. Pertama, dari sudut pandang guru dengan menggunakan self assessment. Kedua, dari sudut pandang siswa dengan menggunakan survey siswa tentang perilaku mengajar guru. Self assessment menggunakan instrumen yang disusun berdasarkan kerangka kerja Danielson, 2013 dan angket siswa disusun berdasarkan instrument survey siswa dengan menggunakan Tripod 7 C karya R. Ferguson. Hasil angket siswa nantinya bisa digunakan untuk mengkonfirmasi komponen Lingkungan kerja dan Instruksional pada self assessment guru. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah 102 guru dan 1115 siswa di SMK Negeri di pulau Sulabesi, Kabupaten Kepulauan Sula. Sampel dihitung berdasarkan rumus Slovin. Jumlah sampel guru 81 orang dan siswa 372 dipilih berdasarkan teknik proporsional random sampling. Instrumen dibuat dalam bentuk angket, validasi instrumen menggunakan expert judgement dan untuk mengetahui reliabilitas di analisis dengan Alpha Cronbach. Hasil penelitian pada angket self assessment guru dari hasilnya didapatkan sebagai berikut untuk perencanaan dan persiapan mendapatkan prosentase 75.30 %, Lingkungan kerja 81.37 %, instruksional /pembelajaran 75.58 % dan tanggung jawab dan profesionalitas memperoleh prosentase terendah 66.73 %. Tiga komponen mendapatkan predikat baik, dengan lingkungan kerja mendapat predikat sangat baik. Berdasarkan data angket survey siswa diperoleh dari 7 komponen, yaitu : Care 69.48 %, Confer 75.68 %, Captivate 73,58 %, Clarify 65.73 %, Consolidate 76,62, % Challenge 71, 32 %, dan Control 67,39%, atau rata-rata keseluruhan adalah 71, 26%. Sehingga kinerja guru menurut siswa dalam dua komponen yaitu lingkungan kerja dan instruksional termasuk dalam kategori baik. Sementara self asesmen guru untuk komponen Lingkungan kerja mendapat predikat sangat baik. Perbedaan ini berarti guru menganggap kinerja mereka pada komponen Lingkungan kerja lebih baik dari anggapan siswa. Hasil survey siswa bisa menjadi umpan balik bagi guru di SMK Negeri yang ada di pulau Sulabesi untuk meningkatkan kinerja mereka dalam pembelajaran efektif terutama pada memeriksa kejelasan (Clarify), manajemen kelas (Control) dan kepedulian pada emosi siswa ( Care).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kinerja, guru SMK, survei siswa, self assessment guru, pembelajaran efektif
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:24
Last Modified: 31 May 2021 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67715

Actions (login required)

View Item View Item