PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CAM UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DAN CAM SMK NEGERI 1 MAGELANG

Pramono, Zulfigar Hadi (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CAM UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DAN CAM SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. AbstraK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar pembelajaran CAM untuk mata pelajaran CNC dan CAM SMK Negeri 1 Magelang, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran CAM berdasarkan penilaian ahli materi, dan praktisi pembelajaran CNC dan, (3) mengetahui penilaian siswa terhadap bahan ajar berupa modul pembelajaran CAM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Penelitian ini dilaksanakan pada 2 Desember 2020 sampai dengan 7 Januari 2020 di SMK Negeri 1 Magelang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Pemesinan SMK Negeri 1 Magelang dengan jumlah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan (1) observasi. (2) wawancara dan (3) angket. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dengan uji kelayakan dari ahli materi, praktisi pembelajaran CNC dan responden (siswa). Hasil penelitian ini adalah: (1) modul pembelajaran CAM dikembangkan melalui empat tahap yaitu: a) Define (analisis kebutuhan) meliputi observasi kelas, wawancara, dan studi pustaka, b) Design (desain) meliputi rancangan konten dan tampilan modul, c) Development (pengembangan) meliputi proses validasi dan revisi dari ahli materi dan praktisi pembelajaran CNC, dan d) Dissemination (penyebarluasan) melalui tiga tahap yakni uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 84,17% yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh praktisi pembelajaran CNC mendapatkan persentase sebesar 85,83% yang termasuk kategori “Sangat Layak”, (3) penilaian siswa kelas XII pemesinan diperoleh persentase sebesar 85,28% yang termasuk kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, CNC dan CAM, Teknik Pemesinan, 4D
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Feb 2020 01:58
Last Modified: 27 Feb 2020 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67711

Actions (login required)

View Item View Item