Pengaruh Wawasan Tentang SMK, Pemahaman Diri, Peran Keluarga dan Dukungan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Siswa Masuk SMK Di Kabupaten Aceh Tengah

Putra, Riansyah and Sudira, Putu (2019) Pengaruh Wawasan Tentang SMK, Pemahaman Diri, Peran Keluarga dan Dukungan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Siswa Masuk SMK Di Kabupaten Aceh Tengah. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh wawasan tentang SMK terhadap minat siswa masuk SMK, (2) mendeskripsikan pengaruh pemahaman diri terhadap minat siswa masuk SMK, (3) mendeskripsikan pengaruh peran keluarga terhadap minat siswa masuk SMK, (4) menjabarkan pengaruh dukungan lingkungan sosial terhadap minat siswa masuk SMK, (5) mendeskripsikan pengaruh wawasan tentang SMK, pemahaman diri, peran keluarga dan dukungan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap minat siswa masuk SMK di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 883 siswa SMK kelas X di Kabupaten Aceh Tengah. Sampel penelitian sebanyak 275 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratifie random sampling. Pengumpulan data menggunakan kusioner tertutup (close ended questioner) dengan Skala Likert 4 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan statistik deksriptif dan pengujian hipotesis menggunakan persamaan regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara wawasan tentang SMK terhadap minat masuk SMK dengan sumbangan sebesar 8,7%; (2) Terdapat pengaruh pemahaman diri terhadap minat masuk SMK dengan sumbangan sebesar 20,4%; (3) Terdapat pengaruh peran keluarga terhadap minat masuk SMK dengan sumbangan sebesar 17,2%; (4) Terdapat pengaruh dukungan lingkungan sosial terhadap minat masuk SMK dengan sumbangan sebesar 17,9%; (5) Terdapat pengaruh secara bersama-sama wawasan tentang SMK, pemahaman diri, peran keluarga, serta dukungan lingkungan sosial terhadap minat masuk SMK dengan sumbangan sebesar 29,9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: wawasan tentang SMK, pemahaman diri, peran keluarga, dukungan lingkungan sosial, minat masuk SMK.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:31
Last Modified: 07 Jun 2021 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67698

Actions (login required)

View Item View Item