Pengembangan Training Kits Mata Kuliah Praktik Instrumentasi dan Elektronika Medis di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY.

Purwanto, Purwanto and Pardjono, Pardjono (2019) Pengembangan Training Kits Mata Kuliah Praktik Instrumentasi dan Elektronika Medis di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan, mendeskripsikan kualitas dan menguji efektivitas training kits mata kuliah Praktik Instrumentasi dan Elektronika Medis (IEM) di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan berdasarkan model Richey & Klein. Penelitian dilakukan dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Studi pendahuluan dilakukan sebagai dasar tahap analisis dan turut dimanfaatkan untuk penyesuaian materi mata kuliah Praktik IEM dengan melibatkan dosen dan praktisi dari profesi elektromedis. Tahap analisis dikuatkan dengan data studi lapangan dan studi dokumen. Tahap perancangan dilakukan pembuatan training kits. Tahap pengembangan mencakup validasi ahli dan evaluasi kualitas produk yang dikembangkan. Produk training kits yang berupa media pembelajaran dievaluasi dengan menggunakan instrumen evaluasi media pembelajaran yang ditulis oleh Sungkono. Evaluasi melibatkan 2 ahli media pelajaran, 2 ahli materi, dan 18 mahasiswa sebagai pengguna produk. Tahap evaluasi dilakukan uji efektivitas penggunaan produk. Efektivitas dideskripsikan berdasarkan hasil uji coba dalam kelas implementasi dengan kelas yang dikendalikan. Kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk dikumpulkan data yang kemudian dianalisis digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa: (1) hasil pengembangan training kits terdiri dari trainer EKG, trainer EMG, termometer digital, dan penghitung detak jantung disertai panduan praktikum; (2) kualitas produk menurut para pakar maupun menurut pengguna IEM termasuk dalam katagori baik dengan rincian penilaian pakar sebagai berikut: aspek fisik (83%), pendahuluan (85%), pemanfaatan (90%), evaluasi (86,5%), rangkuman (72%), pembelajaran (84%), serta aspek isi (87%), dan rincian penilaian dari pengguna sebagai berikut: aspek fisik (72,44%), pendahuluan (83,56%), pemanfaatan (80,89%), evaluasi (81,94%), rangkuman (83,33%); dan (3) penggunaan produk hasil pengembangan terbukti lebih efektif dalam meningkatkan prestasi mahasiswa dibanding tanpa produk dalam lingkup dasar teknologi IEM sesuai dengan teknologi instrumentasi elektronik medis yang digunakan di bidang medis saat ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: training kits, instrumentasi, elektronika, medis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:39
Last Modified: 07 Jun 2021 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67696

Actions (login required)

View Item View Item