PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PROSES BERMAIN ANAK DI DALAM KELUARGA

Bayu, Ari Rohmiyatun (2020) PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PROSES BERMAIN ANAK DI DALAM KELUARGA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
skripsi_bayuari rohmiyatun_12111244008_pg paud.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendampinngan orang tua terhadap proses bermain anak. Bentuk dari pendampingan yang dilakukan orang tua terdiri atas: (1) menemani pada saat anak bermain, (2) menjalin komunikasi pada saat anak bermain, (3) memberi kesempatan anak untuk bermain, (4) mengawasi pada saat anak bermain. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak usia 4-5 tahun dan memiliki keunikan sikap dalam bermain. Objek dari penelitian ini adalah pendampingan orang tua terhadap proses bermain anak. Dalam penelitian in, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi gambar. Model analisis datanya adalah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat permainan, tempat bermain, dan teman bermain anak tidak sesuai dengan tingkat perkembangan anak tersebut. Hal ini terjadi karena tidak adanya pendampingan orang tua, jalinan komunikasi antara orang tua dan anak, pemberian kebebasan kepada anak untuk bermain, dan pengawasan terhadap anak ketika mereka bermain. Kata kunci : pendampingan orang tua, proses bermain anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:19
Last Modified: 26 Feb 2020 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67695

Actions (login required)

View Item View Item