PENGARUH LATIHAN BURPEE DAN SQUAT JUMP TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI ATLET DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENCAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Saputra, Aditya Dwi (2020) PENGARUH LATIHAN BURPEE DAN SQUAT JUMP TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI ATLET DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENCAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADITYA DWI S.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui pengaruh latihan burpee dan squat jump terhadap peningkatan power otot tungkai atlet di Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta. Peneiitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain "two groups pre-test-post-test design". Populasi dalam penelitian ini adalah peserta Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria (1) atlet yang masih aktif rnengikuti latihan di UKM pencak silat UNY, (2) berjenis kelamin laki-laki, (3) kehadiran pada saat treatment rninimal 75%, (4) bukan atlet UKM pencak silat, (5) Sanggup mengikuti sehiruh prograrn latihan yang telah disusun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 14 orang. Instrurnen yang digunakan yaitu tes vertical jump, dengan validitas sebesar 0,978 dan reliabilitas sebesar 0,989. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan hurpee terhadap peningkatan power otot tungkai atlet di Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta, dengan t hitung 6,971 > t tabel 2,447, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 6,29%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan squat.jump terhadap peningkatan power otot tungkai atlet di Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta, dengan t hitung 3,240 > t tabel 2,447, dan nilai signifikansi 0,018 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 2,49%. (3) Latihan burpee lebih baik/efektif daripada squat jump terhadap peningkatan power otot tungkai atlet di Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta, dengan selisih rata-rata sebesar 1,57.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Agung Nugroho A.M., M.Si. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: burpee, squat.jump, power otot tungkai
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:23
Last Modified: 26 Feb 2020 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67694

Actions (login required)

View Item View Item